Tulisan ini lebih diperuntukan bagi kamu yang berada di level akhir tingkat kuliah dan sedikit mengalami kejenuhan akan rutinitas kampus terlebih bagi mahasiswa yang lebih dari semester 10. Ada baiknya bagi kamu,. (iyaa kamuu yang lagi baca tulisan ini gaesss) mengetahui berbagai istilah atau singkatan yang sering kali digunakan untuk mempermudah dalam membicarakan pekerjaan. Istilah seperti itu biasanya merupakan kesengajaan yang digunakan agar lebih mudah dan cepat saat berkomunikasi dan berkoordinasi dengan relasi sejawatmu.
Nah agar tidak ketinggalan, bingung saat diajak diskusi atau berkomunikasi nantinya. yuk simak gaesss beberapa istilah dalam dunia kerja yang penting untuk kamu ketahui dan hadapi nantinya.
- OT : kepanjangan dari Overtime atau jam lembur. OT sering kali digunakan para karyawan pejuang malam, bekerja melebihi waktu kerja, biasanya dilakukan karena karyawan tersebut tidak bisa mencapai target kerja pada hari itu atau sudah mendekati dengan batas waktu project yang dikerjakan. Adapula karyawan yang senagaj melakukan OT untuk mencari pundi-pundi uang lebih, biasanya dilakukan pada hari libur atau mengganti partner kerja yang berhalangan hadir, dan hal itu tergantung perusahaan dimana tempat kamu bekerja nanti.
- FGD : kepanjangan dari Focus Group Discussion (diskusi yang membahas sebuah topik dengan partisipan yang memahami tentang bahasan tersebut). Kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan insight atau ide baru bagi sebuah perusahaan.
- Cutt Off : tanggal dimana kamu sudah tidak bisa memasukan data-data keuangan yang harus dibayarkan oleh pihak finance.
- Outing : rekreasi bagi seluruh karyawan.
- Annual Leave : cuti yang harus diambil dalam satu tahun
- FU : kepanjangan dari Follow Up biasanya kamu akan dapati di surat elektronik atau email
- SOP : kepanjangan dari Standart Operational Procedurres yaitu suatu cara atau proses kerja yang terlulis dan wajib diikuti oleh semua karyawan. Singkat kata, SOP adalah tata tertib atau peraturan kerja yang harus dipatuhi oleh semua karyawan. Cuz dengan adanya SOP maka akan memudahkan semua pihak untuk menjalankan kewajibanya masing-masing.
- KPI : Key Performace Indicator adalah target pekerjaan yang ditetapkan pada awal tahun dan wajib kamu capai. Disamping itu, KPI menjadi salah satu penilaian atasan terhadap karyawan dalam bekerja.
- OKRs : kepanjangan dari Objective Key Result, hampir mirip dengan KPI namun berbeda. OKRs juga merupakan indikator kerja karyawan yang dapat diukur dengan jelas biasanya berupa patokan angka bukan hanya sekedar kalimat namun berupa jumlah. Sehingga karyawan akan lebih terpacu untuk mencapai target kerja.
- TBD : kepanjangan dari To Be Discuss biasanya kamu akan dapati di surat elektronik atau email yang artinya hal tersebut akan didiskusikan kembali agar informasinya menjadi lebih jelas. Jadi kamu gaeess jika menerima TBD, segeralah tetapkan jadwal meeting ulang.
- TBC : kepanjangan dari To Be Confirm yang artinya akan segera dikonfirmasi. Dengan kata lain, informasi tersebut masih belum jelas atau belum final atau sifatnya masih tentatif sehingga harus menunggu konfirmasi lebih lanjut apakah diterima atau ditolak
- MoM : kepanjangan dari Minute Of Meeting biasanya kamu akan dapati ketika rapat berlangsung. Jadi, ketika ada yang meminta untuk MoM, itu artinya kamu disuruh untuk menuliskan hal-hal yang akan dibahas dalam rapat tersebut dan menyebarluaskan kepada para karyawan lainya agar mereka semua tahu apa yang sedang dibahas meskipun tidak hadir dalam rapat. Singkat kata Rangkuman Meeting.
- MoU : kepanjangan Memorandum of Understanding merupakan surat perjanjian kerja sama antara pihak perusahaan dengan pihak partner yang akan melakukan kontrak dengan perusahaan
- PFA : kepanjangan dari Please Find Attach. Singkatan ini biasanya muncul ketika kamu sedang menjalin komunikasi via email dan berkaiatan dengan lampiran di email tersebut. Maksudnya agar orang dapat menyadari bahwa di email tersebut terdapat sebuah lampiran maka kamu bisa menuliskan FPA
- ASAP : kepanjangan dari As Soon As Possible digunakan untuk project yang datangnya mendadak dan harus segera diselesaikan dengan waktu singkat dan secepatnya.
- Tentative : merupakan kata yang sering digunakan untuk hal yang sebenarnya belum jelas arah kedepanya seperti apa. Masih berandai-andai atau jawaban sementara karena belum menemukan jawaban yang pas.
- 13th Salary : atau gaji ke 13, perusahaan biasanya akan memberikan gaji ke 13 untuk karyawanya bisa bersamaan dengan THR ataupun saat awal tahun atau sesuai dengan kebijakan perusahaan tersebut.
- Pantry : sebenarnya ini merupakan nama ruangan, tetapi kata atau istilah pantry bisa menjadi penyemangatmu ditengah-tengah kesibukan kerja. karena di pantry inilah biasanya para karyawan melakukan aktivitas penyegaran yang tidak bisa dilakukan diruang kantor.
- Jobdesk : merupakan detail pekerjaan yang harus jamu lakukan saat digunakan untuk menindaklanjuti hasil dari presentasi yang kita lakukan pada client. Memastikan mendapat jawaban dari client yang sedang kita handle.
- Long Weekend : merupakan istilah yang merujuk pada libur panjang, atau libur kejepit, biasanya saat libur hari Raya ataupun tanggal merah di hari jum’at dan senin.
- Outsourcing : istilah yang mengacu pada penggunaan tenaga kerja atau karyawan diluar perusahaan untuk mengerjakan suatu project. Biasanya suatu perusahaan menggunakan tenaga bantuan tersebut karena didalam perusahaan tsb tidak terdapat ahli bidang pada project yang sedang dikerjakanya.
- Walk-in Interview : jika kamu sudah pernah melamar pekerjaan atau melihat lowongan pekerjaan, terkadang tedapat istilah walk-in interview, ini maksudnya wawancara yang dilakukan tanpa seleksi, jadi kamu bisa mengikuti wawancara tersebut secara langsung tanpa membuat janji terlebih dahulu
- WFH : kepanjangan dari Work From Home yang berarti bekerja dari rumah.
Masih banyak lagi istilah-istilah lain dalam dunia kerja, hal itu bisa kamu ketahui dengan langsung terjun di perusahaan tempatmu bekerja nanti gaeesss..